Home » , » E-Learning Indonesia

E-Learning Indonesia

Written By TIGER on Wednesday, August 24, 2016 | 3:22 AM

E-Learning Indonesia


Mungkin Anda sering mendengar istilah elearning, tapi apakah elearning itu? Baiklah, disini saya akan menggambarkan secara sederhana apa itu elearning. Secara tidak langsung kita sudah menggunakan konsep elearning dalam kehidupan sehari-hari. Apakah Anda pernah menerima sebuah informasi dari televisi, PC/laptop dan smartphone yang terhubung dengan internet? Informasi itu bisa berupa berita, tutorial, hiburan, dll.
Jika pernah, berarti Anda sudah menerapkan elearning dalam kehidupan Anda sehari-hari. Elearning adalah sebuah cara/metode dimana kita bisa menerima sebuah informasi dengan cepat, mudah dan murah melalui media elektronik.
 
 
 
Misalnya ada sebuah demo di daerah A dan Anda ingin mengetahui beritanya secara cepat,mudah dan murah, mana yang akan Anda lakukan:
a.   Datang langsung ke lokasi dimana jalan macet, sesampainya disana Anda harus tanya orang-orang di sekitar dan Anda juga harus mengeluarkan biaya bensin dan parkir
b.  Anda dengan menggunakan smartphone, buka situs detik.com dan baca beritanya atau bisa juga melihat di televisi?

Itu adalah gambaran dari proses elearning yang membuat pertukaran informasi bisa lebih cepat, mudah dan murah. Jadi secara sederhana definisi eLearning adalah Sebuah alat bantu piranti lunak yang digunakan untuk proses pertukaran informasi melalui media digital elektronik berupa komputer/smartphone dengan harga yang murah, bisa dipelajari kapan saja dan dimana saja secara berulang-ulang sehingga informasi yang ingin disampaikan bisa diserap secara maksimal.
PRODUK E-LEARNING
Apa saja bentuk eLearning yang bisa kami tawarkan kepada Anda:
  1. Pelatihan karyawan baru. Misalnya tata tertib perusahaan, sejarah perusahaan, struktur oraganisasi, dll.
  2. Tutorial suatu produk atau langkah-langkah dari sebuah proses. Misalnya tutorial menggunakan sebuah produk elektronik, langkah-langkah membuat Surat Ijin Mengemui (SIM), petunjuk menjadi anggota di sebuah toko online.
  3. Modul pembelajaran untuk pengembangan diri, menambah ilmu pengetahuan dan wawasan para karyawan agar kerja mereka bisa maksimal. Misalnya bagaimana teknik negosiasi yang baik, bagaimana cara menjual yang baik, mengenal produk-produk bank, mengenal berbagai macam karakteristik konsumen, sikap kepemimpinan, dll.
  4. Keamanan kerja di area perusahaan (safety). Misalnya bagaimana sikap kita jika terjadi bencana (gempa bumi, kebakaran), perlengkapan apa saja yang harus dikenakan di area pabrik, dll.
  5. Permainan pendidikan (games education) bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang pendidikan (kindergarten, primary school), disamping bisa digunakan untuk bahan pelajaran, permainan pendidikan ini bisa dibagikan gratis sebagai souvenir pendaftaran siswa baru sehingga bisa digunakan juga untuk promosi.
  6. Biografi diri untuk para profesional, pembicara/motivator dan pengusaha.
  7. Media informasi produk dan jasa untuk membantu para sales dan marketing dalam melakukan penjualan kepada para konsumen/klien.
  8. Jika Anda seorang pengarang buku, profesional dan motivator, Anda bisa menuangkan isi buku/ilmu  Anda ke dalam bentuk e-learning dan menjualnya.

Berikut beberapa keunggulan e-learning


  1. Dapat menekan biaya sampai dengan 75%.
  2. Bahan materi yang mudah di download, sehingga tidak lagi membutuhkan materi dalam bentuk cetak. Hal ini bisa menghemat biaya percetakan materi dan biaya kirim. Bahkan untuk beberapa modul yang ringan isinya, bisa langsung ditampilkan secara online.
  3. Ditampilkan dalam bentuk teks, gambar dan animasi dengan tambahan suara sehingga peserta pelatihan lebih mudah dalam menangkap isi materi.
  4. Bisa dipelajari kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja secara berulang-ulang selama 24 jam dalam 7 hari.
  5. Peserta mendapatkan standar pelatihan yang sama di setiap cabang, sehingga kecil kemungkinan ada materi yang terlewatkan karena isi modul yang telah disusun secara rapi dan terstruktur.
  6. Berisi kuis yang digunakan untuk menguji sampai dimana pemahaman peserta pelatihan.
  7. Dengan terjemahan bahasa yang baik, e-learning dapat diimplementasikan secara global di berbagai budaya dan bangsa.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Wildlife and Bird - All Rights Reserved
Mobile : 0822 6027 1008 , 0812 2221 1077
Email : kyoritsu999@gmail.com